Semarang, Jawa Tengah | +62 882-3804-3344

Kemampuan dasar paling umum yang dipunyai seseorang salah satunya adalah keterampilan membaca. Ini bisa berarti membaca apapun, entah itu novel romance, buku tentang perjuangan pelaut, atau karya besar lain tentang masa depan. Semua pasti punya preferensi sendiri.

Apapun itu, membaca merupakan bentuk hiburan, menambah wawasan, memperluas pengetahuan, dan lainnya. Salah satu bacaan yang menarik untuk dibaca adalah kumpulan-kumpulan novel classic yang memilik cerita yang khas. Ada banyak sekali ilmu yang bisa dapatkan dengan membaca novel classic. Dengan membaca novel klasik kita jadi bisa melihat banyak perspektif baru dari para penulis yang hidup puluhan bahkan mungkin ratusan tahun yang lalu. Layaknya menembus ruang dan waktu untuk memahami begitu banyak hal yang ingin diungkapkan penulis, bisa jadi sebuah gagasan, perspektif, ideologi, ungkapan kekecewaan, atau pemaknaan peristiwa sejarah besar dari sudut pandang lain di luar kajian akademis. Dengan membaca sebuah sastra, kita bisa belajar sejarah tidak hanya dari sudut pandang kumpulan fakta dan dokumentasi akademik saja, tapi juga mengerti bahkan seolah-olah ikut terlibat bersama dengan perasaan orang yang mengalaminya secara langsung. Membaca sastra juga akan membuat kita mempertanyakan kembali pandangan yang selama ini kita anggap benar, membuka sudut pandang baru, serta menumbuhkan kepekaan sosial. Dari semua itu, ada beberapa novel classic yang wajib dibaca semua orang, berikut kami rangkum 5 novel classic yang wajib dibaca:

1. To Kill a Mockingbird

Novel karangan Harper Lee yang diterbitkan pada tahun 1960. Novel ini didasari pada pengamatan penulis terhadap keluarga dan tetangga-tetangganya, serta kejadian-kejadian yang terjadi di sekitarnya pada tahun 1936, ketika penulis masih berumur 10 tahun.

Pada sebuah forum website goodreads.com, novel ini mendapatkan peringkat pertama dalam berbagai katergori sebagai salah satu novel terbaik. Novel ini juga diadaptasi menjadi sebuah film dan berhasil mendapatkan piala oscar.

 

2. Moby-Dick

Mengisahkan tentang perburuan paus pada abad ke-19, novel ini awalnya kurang diminati dan di kritik pada awal penerbitannya. Namun setelah beberapa dekade berlalu barulah orang-orang sadar akan hebatnya karya milik Herman Melville ini.

Beberapa kosakata yang jarang dipakai bisa ditemui luas di novel ini. Total, ada lebih dari 17.000 kata dari Moby-Dick, dan menjadikan novel terpadat yang pernah ditulis. Selain padat dan menantang, tapi begitu mengagumkan.

 

3. A Tale of Two Cities

Novel ini menggambarkan keadaan buruk petani Prancis dalam tahun-tahun sebelum revolusi, kebrutalan yang ditunjukkan kaum revolusi terhadap aristokrat pada awal revolusi, dan paralel dengan kehidupan sosial di London pada periode yang sama.

Salah satu novel karya Charles Dickens ini terjual lebih dari 200 juta salinan di seluruh dunia. Novel  ini telah diadaptasi untuk film, televisi, radio, dan drama panggung, dan terus menginfluensi kultur popular.

 

4. The Great Gatsby

Novel ini menggambarkan masa yang Fitzgerald sendiri menjulukinya “Era Jazz”. Menyusul ketegangan dan kekacauan dari Perang Dunia I, selama tahun 1920-an, masyarakat Amerika menikmati tingkat kemakmuran yang belum pernah terjadi sebelumnya seiring dengan membumbungnya perekonomian.

The Great Gatsby tidak begitu popular pada awal pencetakannya, menjual hanya kurang dari 25.000 kopi selama 15 tahun sisa hidup Fitzgerald. Setelah dipublikasi ulang pada tahun 1945 dan 1953, novelnya sangat laris, dan kadang-kadang dipandang sebagai novel sukses Amerika. Kisah dalam novel ini sekarang merupakan bacaan standar dalam pelajaran literatur Amerika pada sekolah menengah atas dan universitas di seluruh dunia.

 

5. Pride and Prejudice

Menceritakan tentang kisah cinta kelas menengah-atas keluarga Inggris di akhir abad ke-19. Novel ini berisi deskripsi dari peristiwa seputar kehidupan tokoh utamanya, Elizabeth Bennet, yang tinggal di Longbourn, Inggris. Elizabeth digambarkan sebagai gadis yang periang, sopan, serta memiliki kecerdasan tajam dan menolak untuk diintimidasi oleh siapapun.

Pride and Prejudice telah menyenangkan pembaca selama bertahun-tahun, secara konsisten selalu muncul di daftar teratas “most-loved books” di antara para sarjana sastra dan public reading. Novel ini telah menjadi salah satu novel paling populer dalam sastra Inggris dengan lebih dari 20 juta eksemplar terjual dan telah mengilhami banyak turunan yang berlimpah dalam sastra modern.

Itu dia adalah beberapa novel classic yang wajib dibaca oleh kalian para pecinta novel. Novel-novel tersebut juga tersedia di website dahara.id , juga masih banyak novel-novel classic lainnya di website kami, jadi silahkan tambah literasi kalian dengan bacaan novel yang berkualitas ini.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X
WhatsApp Butuh Bantuan ?